Cerita Kami

Press Release Webinar: "Bangkitnya Upaya Konservasi Pari Gergaji di Indonesia: Perlukah?"

Sawfish Project Indonesia akhirnya melakukan diskusi online pertama di Indonesia yang membahas pari gergaji secara khusus! Mengapa ini penting? Populasi pari ini terus mengalami penurunan secara global dan ke 4 dari 5 jenisnya yang ditemukan di Indonesia masih terus tertangkap sebagai hasil tangkapan sampingan oleh nelayan. Meski pari gergaji telah dilindungi penuh oleh pemerintah Indonesia dalam Peraturan Nomor P.2/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi, nampaknya informasi yang beredar tentang pari ini masih sangat sedikit dan berujung kepada rendahnya pemahaman masyarakat Indonesia terhadap pari yang sangat terancam punah ini.

 

Webinar yang berlangsung pada Sabtu, 12 September 2020 itu sukses menarik perhatian banyak pihak dari berbagai instansi dan personal dengan total pendaftar sebanyak 211 peserta yang berasal dari 3 negara, 25 provinsi di Indonesia, dan 45 instansi yang berbeda.

 

Sawfish Talk berikut ini adalah bagian pertama dari rangkaian webinar yang kami rencakanan dan tema yang diusung adalah “Bangkitnya Upaya Konservasi Pari Gergaji di Indonesia: Perlukah?”. “Webinar Sawfish Talk merupakan program yang kami pikir layak dilakukan sebelum kami berangkat ke lapang untuk menyelenggarkaan program-program yang direncanakan dari awal. Kami sangat berharap untuk kedepannya webinar seperti ini bisa rutin kami lakukan sebagai wadah edukasi ke masyarakat luas tentang pentingnya perlindungan pari gergaji”, ungkap Iis Susiani selaku salah satu Co-Founder Sawfish Project Indonesia.

 

Webinar ini menghadirkan pembicara yang berpengalaman dalam konservasi pari, yaitu Benaya Simeon dari Wildlife Conservation Society (WCS) Indonesia, dan Dharmadi sebagai peneliti senior dari Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia sekaligus sebagai ketua proyek Indonesaw.

 

“Saat ini, masyarakat kita khususnya di wilayah pesisir masih banyak yang belum tahu tentang status konservasi pari ini. Beberapa kasus penangkapan pari gergaji yang terjadi masih menjadikannya sebagai bahan makanan. Melalui diskusi dalam webinar ini, kita bisa membantu memberikan pemahaman dan informasi kepada masyarakat luas bahwa pari gergaji ini sudah dilindungi secara penuh di Indonesia”, jelas Kak Benaya yang membahas tentang “Trend Konservasi Pari di Indonesia”.

Sementara itu, Pak Dharmadi yang membahas mengenai “Tantangan dan Peluang Konservasi Pari Gergaji di Indonesia” mengungkapkan bahwa salah satu tantangan terbesar dari upaya perlindungan pari gergaji di Indonesia adalah riset ilmiah yang masih kurang, sehingga penting bagi kita untuk terus mengembangkan riset pari gergaji.

Selain sebagai wadah edukasi bagi masyarakat luas tentang, Webinar Sawfish Talk yang akan dilakukan secara berkelanjutan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam meningkatkan kepedulian dan kerja sama untuk menanggulangi ancaman kepunahan pari gergaji di Indonesia. Jadi tetap pantau kami ya!